Jumat, 20 Februari 2015

KTI

DISUSUN UNTUK MELENGKAPI TUGAS BAHASA INDONESIA SEBAGAI SYARAT MENGUKUTI UJIAN AKHIR NASIONAL
Pengaruh Game Untuk Semua Anak Kelas IX
 
 

















Nama Kelompok:
M.Ridho      (02)
Aldi Tri. R   (06)
Avicenna.Q  (12)
Dino Wahyu (14)

Kelas IX E



Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 20
Jl.R.Tumenngung Suryo No.38
Telepon (0341)-491806 Malang


Tahun Pelajaran 2014-2015



Lembar Pengesahan

Karya tulis yang berjudul “Pengaruh Game Untuk Seluruh Siswa Kelas XI” ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015










Disetujui Oleh:













Kepala  SMP Negeri 20 Malang                                                          Guru Bahasa Indonesia




Dra.Tutut Sri Wahyuni, M. M. P.d                                                      Wahyuningdyah, S.P.d
    NIP.196410051989032009                                                           NIP.196007171981112003









Kata Pengantar

Isi:
1.      Pertama-tama kami mengucap rasa syukur kami yang sebesar-besarnya kepada tuhan YME
2.      Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Dra.Tutut Sri Wahyuni, M. M. Pd
3.      Kami ucapkan kepada guru mapel kami Ibu Wahyuningdyah, S. Pd
4.      Pada guru/staf  yang telah memandu kami
5.      Pada seluruh teman kami yang ada di lingkungan SMPN 20 Malang
6.      Dan kepada orang tua kami terutama untuk ayah dan ibu kami























Malang, 12 Desember 2014






Avicenna. Q




ABSTRAKSI

Pada hakikatnya game adalah sarana bermain. Artinya sarana untuk menghilangkan jenuh, selain itu game juga untuk belajar. Apa sajakah yang dipelajari waktu bermain game? Game yang dapat dijadikan sebuah pelajaran adalah game permainan angka. Sebab permainan angka dapat memacu seorang pemain untuk dapat lebih berkonsentarasi untuk menebak angka.








































MOTTO
Bermain Untuk Belajar
 






                                                                                   






BAB I
Pendahuluan


1.1  Latar belakang
Tema Pengaruh Game Untuk Semua Anak Kelas XI disebabkan karena banyaknya anak kelas XI yang tidak tau tentang manfaat game dan banyak yang menggunakan sarana game untuk bersenang-senang saja.

1.2  Tujuan
Tujuannya adalah untuk dapat membimbing anak kelas XI agar dapat memanfaatkan game dengan positif

1.3  Rumusan Masalah
Secara terminologi game online berasal dari dua kata, yaitu game dan online. Game adalah permainandan online adalah terhubung dengan internet. Jadi, dapat disimpulkan game online adalah game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN sehinggapemainnya dapat terhubung dengan pemain lainnya yang memainkan permainan yang sama.

1.4  Manfaat
Manfaat game bagi seluruh siswa kelas XI adalah untuk bisa melakukan pengasahan otak dan hiburan



BAB II
                                                  PEMBAHASAN
2.1   ANALISIS
2.1.1 pengertian game online
Secara terminologi game online berasal dari dua kata, yaitu game dan online. Game adalah permainandan online adalah terhubung dengan internet. Jadi, dapat disimpulkan game online adalah game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN sehinggapemainnya dapat terhubung dengan pemain lainnya yang memainkan permainan yang sama.

2.2   JENIS-JENIS GAME YANG DIMAINKAN PELAJAR
1)      First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).Contohnya adalah Point Blank, Cross fire dan X-Shot.
2)      Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.Contohnya adalah Atlantika Online
3)      Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda contohnya Need for Speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
4)      Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, dan IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash contohnya City Ville, Castle Ville, dan Ninja Saga.
5)      Massive Multiplayer Online Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. Contoh gamenya adalah Ragnarok, Luna, danDotta.
2.3  DAMPAK GAME ONLINE
         2.3.1 Segi keuangan
         Dalam segi keuangan, pelajar yang ketagihan memainkan game online  akanmenghabiskan uangnya demi bermain game online untuk memenuhi keinginannya. Adapunuang yang dihabiskannya digunakan untuk membayar billing warnet game center yang harganya mulai dari dua ribu perjam sampai tigaribu perjam atau dan membeli uang virtual game yang digunakan untuk membeli peralatan, barang, senjata, dan bangunan dari suatu game online. 
          2.3.2 Segiwaktu
          Dalam segi waktu, pelajar yang kecanduan game online akan menghabiskan waktuberjam-jam untuk memainkan game online. Dan tidak jarang pula ada yang bolos sekolahuntukbermain game online di warnet. Hal yang menyebabkan pelajar tersebut relamenghabiskan waktunya di warnet adalah ingin menaikkan exp atau pengalaman untukmenaikkan level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan waktu, mencari teman, karnapermainannya yang terus update dan tidak membosankan.


            2.3.3Segi  semangat belajar dan akademik
            Dalam segi akademik, pelajar yang kecanduan game online akan sulit untuk membagiwaktu untuk bermain dan belajar. Sehingga ia akan lalai terhadap tugas-tugas yang diberikanoleh guru. Sehingga mengakibatkan semangat belajarnya menurun dan nilai akademiknya jugamenurun.
             2.3.4Segi psikologi
            Dalam segi psikologi, ancaman  paling  umum  saat seseorang  kecanduan  adalah ketidak mampuannya dalam mengatur emosi. Individu lebih sering merasakan sedih, kesepian, malu, takut untuk  keluar,berada  dalam  situasi  konflik keluarga yang tinggi, dan  memiliki self-estee yang  rendah.  Hal  ini  mempengaruhi hubungan dengan teman sekamar, siswa  lainnya,orangtua, teman, fakultas, dan pembimbing.Pecandu  juga kesulitan  membedakan antarapermainan  atau  fantasi  dan  realita. Pecandu cenderung menutupi masalah psikologis tersebut

            2.3.5 Segi kesehatan
            Dalam segi kesehatan, Baroness Greenfieldprofesor farmakologi di Universitas Oxford menemukan tanda-tanda terhentinya pertumbuhan zat abu-abu di otak pengguna internet berlebih yang semakin lama dapat memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan dan tujuan yang akan mereka tetapkan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perilaku yang ‘tidak sopan’.
              Satu set gambar MRI difokuskan pada materi abu-abu di permukaan keriput otak atau korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan, penglihatan, pendengaran dan kontrol motor terjadi. Membandingkan materi abu-abu antara kedua kelompok tersebut dapat menunjukkan terhentinya pertumbuhan di daerah kecil pada beberapa dari semua otak pecandu game online.
Hasil scan menunjukan semakin lama kecanduan internet akan menimbulkan kerusakan pada otak lebih serius.“Ini merupakan kelainan struktural yang mungkin dikaitkan dengan gangguan fungsional dalam kontrol kognitif. Hasil penelitian kami menyarankan jangka panjang kecanduan internet akan mengakibatkan perubahan struktural otak.
Game online memberikan ketegangan yang tinggi pada mata orang yang memainkannya. jika pelajar yang kecanduan game online memainkannya setiap hari dan berjam-jam, maka mata pelajar tersebut sudah pasti menjadi rusak karena penyiksaan yang dilakukan oleh game online yang dimainkan.
  
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
                 Dari dalam karya tulis ini kesimpulannya game online walaupun menghibur dan banyak di gemari kalangan remaja maupun pekerja dapat mengakibatkan kecanduan, minat belajar yang membuat siswa malas, dan hal ini mengakibatkan menurunya hasil prestasi belajar pada pelajar. Oleh karna itu penulis membuat karya tulis ini agar pengguna game online bahwa dampak bermain game online dapat membuat kecanduan minat yang berkurang dan mempengaruhi hasil prestasi belajar
3.2 SARAN
          3.2.1 Bagi pelajar
                    Mengurangi waktu bermain game khusunya game online dan mengisi waktu luang dengan belajar, hemat uang untuk hal-hal lebih perlu.
            3.2.2 Bagi orang tua
                   Jangan membiarkan anak-anak anda untuk bermain game online terus-menerus karna mengurangi waktu belajar, pemborosan uang bila sudah menjadi pecandu

Daftar Rujukan


·       Google
·       Wilkipedia.com
·       Karya tulis ilmiah.blogspot.com
·       Pemikiran masing masing anggota kelompok
·       Teknologi.blogspot.com
·       Dampak Teknologi.blogspot.com























Tidak ada komentar:

Posting Komentar