DISUSUN
UNTUK MELENGKAPI TUGAS BAHASA INDONESIA SEBAGAI SYARAT MENGUKUTI UJIAN AKHIR
NASIONAL
Pengaruh
Game Untuk Semua Anak Kelas IX
![]() |
Nama Kelompok:
M.Ridho (02)
Aldi Tri. R (06)
Avicenna.Q (12)
Dino Wahyu (14)
Kelas IX E
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 20
Jl.R.Tumenngung Suryo No.38
Telepon (0341)-491806 Malang
Tahun Pelajaran 2014-2015
Lembar Pengesahan
Karya
tulis yang berjudul “Pengaruh Game Untuk
Seluruh Siswa Kelas XI” ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015
Disetujui Oleh:
Kepala SMP Negeri 20 Malang
Guru Bahasa Indonesia
Dra.Tutut
Sri Wahyuni, M. M. P.d
Wahyuningdyah, S.P.d
NIP.196410051989032009
NIP.196007171981112003
Kata Pengantar
Isi:
1. Pertama-tama
kami mengucap rasa syukur kami yang sebesar-besarnya kepada tuhan YME
2. Kami
ucapkan terima kasih kepada Ibu Dra.Tutut Sri Wahyuni, M. M. Pd
3. Kami
ucapkan kepada guru mapel kami Ibu Wahyuningdyah, S. Pd
4. Pada
guru/staf yang telah memandu kami
5. Pada
seluruh teman kami yang ada di lingkungan SMPN 20 Malang
6. Dan
kepada orang tua kami terutama untuk ayah dan ibu kami
Malang,
12 Desember 2014
Avicenna.
Q
ABSTRAKSI
Pada
hakikatnya game adalah sarana bermain. Artinya sarana untuk menghilangkan
jenuh, selain itu game juga untuk belajar. Apa sajakah yang dipelajari waktu
bermain game? Game yang dapat dijadikan sebuah pelajaran adalah game permainan
angka. Sebab permainan angka dapat memacu seorang pemain untuk dapat lebih
berkonsentarasi untuk menebak angka.
![]() |
|||
![]() |
|||
BAB
I
Pendahuluan
1.1 Latar
belakang
Tema Pengaruh Game Untuk Semua Anak Kelas XI disebabkan
karena banyaknya anak kelas XI yang tidak tau tentang manfaat game dan banyak
yang menggunakan sarana game untuk bersenang-senang saja.
1.2
Tujuan
Tujuannya adalah
untuk dapat membimbing anak kelas XI agar dapat memanfaatkan game dengan
positif
1.3 Rumusan
Masalah
Secara terminologi game online berasal dari dua kata, yaitu
game dan online. Game adalah permainandan online
adalah terhubung dengan internet. Jadi, dapat disimpulkan game
online adalah game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN
sehinggapemainnya dapat terhubung dengan pemain lainnya
yang memainkan permainan yang sama.
1.4
Manfaat
Manfaat game bagi
seluruh siswa kelas XI adalah untuk bisa melakukan pengasahan otak dan hiburan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 ANALISIS
2.1.1
pengertian game online
Secara terminologi game online berasal dari dua kata, yaitu
game dan online. Game adalah permainandan online adalah terhubung dengan
internet. Jadi, dapat disimpulkan game online adalah game yang terhubung dengan koneksi
internet atau LAN sehinggapemainnya dapat terhubung dengan pemain lainnya
yang memainkan permainan yang sama.
2.2 JENIS-JENIS
GAME YANG DIMAINKAN PELAJAR
1) First Person Shooter(FPS), sesuai
judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga
seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini
mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game
jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).Contohnya adalah Point
Blank, Cross fire dan X-Shot.
2) Real-Time Strategy, merupakan game
yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain
memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.Contohnya adalah Atlantika
Online
3) Cross-Platform Online, merupakan game
yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda contohnya Need for Speed
undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360
merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga
dapat bermain secara online).
4) Browser Games, merupakan game yang
dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, dan IE. Syarat
dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung
javascript, php, maupun flash contohnya City Ville, Castle
Ville, dan Ninja Saga.
5) Massive Multiplayer Online Games,
adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar
(>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya
dunia nyata. Contoh gamenya adalah Ragnarok, Luna, danDotta.
2.3 DAMPAK
GAME ONLINE
2.3.1 Segi keuangan
Dalam segi keuangan,
pelajar yang ketagihan memainkan game online akanmenghabiskan uangnya
demi bermain game online untuk memenuhi keinginannya. Adapunuang
yang dihabiskannya digunakan untuk membayar billing warnet game
center yang harganya mulai dari dua ribu perjam sampai tigaribu perjam atau dan membeli uang
virtual game yang digunakan untuk membeli peralatan, barang,
senjata, dan bangunan dari suatu game online.
2.3.2 Segiwaktu
Dalam segi waktu,
pelajar yang kecanduan game online akan menghabiskan waktuberjam-jam
untuk memainkan game online. Dan tidak jarang pula ada yang bolos
sekolahuntukbermain game online di warnet. Hal yang menyebabkan pelajar tersebut relamenghabiskan waktunya di warnet adalah ingin menaikkan exp atau pengalaman untukmenaikkan
level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan waktu, mencari teman,
karnapermainannya yang terus update dan tidak membosankan.
2.3.3Segi
semangat belajar dan akademik
Dalam segi akademik,
pelajar yang kecanduan game online akan sulit untuk membagiwaktu untuk bermain dan belajar.
Sehingga ia akan lalai terhadap tugas-tugas yang
diberikanoleh guru. Sehingga mengakibatkan semangat belajarnya menurun dan nilai akademiknya jugamenurun.
2.3.4Segi psikologi
Dalam segi psikologi, ancaman paling umum saat seseorang kecanduan
adalah ketidak mampuannya dalam mengatur emosi. Individu lebih sering
merasakan sedih, kesepian, malu, takut untuk keluar,berada
dalam situasi konflik keluarga yang tinggi, dan memiliki
self-estee yang rendah. Hal ini mempengaruhi hubungan
dengan teman sekamar, siswa
lainnya,orangtua, teman, fakultas, dan pembimbing.Pecandu
juga kesulitan membedakan antarapermainan atau fantasi
dan realita. Pecandu cenderung menutupi masalah psikologis tersebut
2.3.5 Segi kesehatan
Dalam segi kesehatan, Baroness Greenfield, profesor farmakologi di Universitas Oxford menemukan tanda-tanda
terhentinya pertumbuhan zat abu-abu di otak pengguna internet berlebih yang semakin
lama dapat memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi
dan memori, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan dan tujuan yang akan
mereka tetapkan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perilaku yang ‘tidak
sopan’.
Satu set gambar MRI difokuskan pada materi abu-abu di
permukaan keriput otak atau korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan,
penglihatan, pendengaran dan kontrol motor terjadi. Membandingkan materi
abu-abu antara kedua kelompok tersebut dapat menunjukkan terhentinya
pertumbuhan di daerah kecil pada beberapa dari semua otak pecandu game online.
Hasil scan menunjukan semakin lama kecanduan internet akan menimbulkan
kerusakan pada otak lebih serius.“Ini merupakan kelainan struktural yang
mungkin dikaitkan dengan gangguan fungsional dalam kontrol kognitif. Hasil
penelitian kami menyarankan jangka panjang kecanduan internet akan
mengakibatkan perubahan struktural otak.
Game online memberikan ketegangan yang tinggi pada mata orang yang
memainkannya. jika pelajar yang kecanduan game online memainkannya setiap hari
dan berjam-jam, maka mata pelajar tersebut sudah pasti menjadi rusak karena
penyiksaan yang dilakukan oleh game online yang dimainkan.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Dari dalam
karya tulis ini kesimpulannya game online walaupun menghibur dan banyak di
gemari kalangan remaja maupun pekerja dapat mengakibatkan kecanduan, minat
belajar yang membuat siswa malas, dan hal ini mengakibatkan menurunya hasil
prestasi belajar pada pelajar. Oleh karna itu penulis membuat karya tulis ini
agar pengguna game online bahwa dampak bermain game online dapat membuat
kecanduan minat yang berkurang dan mempengaruhi hasil prestasi belajar
3.2 SARAN
3.2.1
Bagi pelajar
Mengurangi
waktu bermain game khusunya game online dan mengisi waktu luang dengan belajar,
hemat uang untuk hal-hal lebih perlu.
3.2.2
Bagi orang tua
Jangan
membiarkan anak-anak anda untuk bermain game online terus-menerus karna
mengurangi waktu belajar, pemborosan uang bila sudah menjadi pecandu
Daftar Rujukan
· Google
· Wilkipedia.com
· Karya tulis ilmiah.blogspot.com
· Pemikiran masing masing anggota
kelompok
· Teknologi.blogspot.com
· Dampak Teknologi.blogspot.com


Tidak ada komentar:
Posting Komentar